Selasa, 16 April 2013

Pentingnya Merawat Gigi Si Buah Hati


Bayi memang belum bisa membersihkan giginya sendiri. Tapi kesehatan mulutnya harus dijaga. Membersihkan gigi si kecil tidak memakan waktu lama. Jika orang tua malas membersihkan gigi akan berdampak pada pertumbuhan gigi mereka di masa depan. Pastikan Anda melakukan beberapa tip dibawah ini:
  1. Bersihkan mulut si kecil meskipun giginya belum tumbuh. Membersihkan rongga mulut anak setelah makan bisa menggunakan kain basah. Atau bisa juga dengan pembersih mulut bayi yang direkatkan di jari. Pasang pembersih mulut di jari telunjuk Anda dan mulailah membersihkan sisa-sisa makanan.
  2. Saat gigi anak mulai tumbuh segera rawat. Banyak orang tua yang berpikir gigi pada saat si anak masih bayi tidak terlalu penting karena akan digantikan dengan yang baru. Justru pertumbuhan gigi di awal ini yang akan memberikan ruang pada gigi tetap dan bisa membantu si bayi lancar bicara. Jika tidak peduli dengan kebersihan gigi anak Anda, akan menyebabkan kebusukan yang berujung pada infeksi rongga mulut yang disebut gingivitis. Infeksi ini bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen.
  3. Waspada gigi berlubang. Gejala gigi berlubang pada anak adalah perubahan warna gigi. Memberikan susu formula sebelum tidur bisa menyebabkan gigi berlubang. Jangan biarkan bayi Anda mengemut botol susu dalam jangka waktu yang lama karena bisa berpengaruh pada pertumbuhkan giginya. Jika ia sudah terbiasa mengemut botol susu sejak kecil akan sulit melepaskannya.
  4. Usai makan biasakan minum. Kebanyakan makanan bayi mudah dibersih. Cukup dengan memberi minum usai makan sudah bisa membersihkan gigi si kecil. Ada baiknya mengenalkan sikat gigi pada anak sedini mungkin, sehingga ia akan terbiasa menyikat giginya. Jika gigi anak Anda sudah lebih dari 10 buah lebih baik dibersihkan menggunakan sikat gigi.
  5. Gunakan pasta gigi bayi berflorida. Meskipun kebanyakan pasta gigi bayi tidak mengandung florida, tapi gigi mereka tetap membutuhkan flodira yang cukup. Florida penting untuk mencegah gigi berlubang. Mintalah kepada dokter suplemen untuk gigi bayi yang berflorida. Berikan suplemen tersebut sejak usia 6 bulan.
  6. Jadwalkan memerika gigi secara rutin. American Dental Association merekomendasikan orang tua untuk memeriksa gigi anaknya pada usia 1 tahun. Tapi beberapa dokter anak ada yang menyarakan membawa anak ke dokter gigi setelah usianya 3 tahun. Asalkan sebelumnya si orang tua melakukan perawatan gigi yang rutin di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar