Minggu, 14 April 2013

Menyusui Saat Bepergian


Bookmark and Share
Mobilitas yang tinggi saat ini membuat kita sering bepergian untuk berbagai kepentingan. Menyusui memerlukan ketenangan dan privasi yang tinggi. Sebagai ibu menyusui seringkali kita dibuat repot saat bepergian. Terutama saat harus menyusui di fasilitas atau kendaraan umum yang penuh keramaian . Perasaan tidak nyaman yang timbul menyebabkan terganggunya proses menyusui. Ada berbagai cara dan alat untuk mengantisipasi agar proses menyusui tetap lancar saat bepergian.
  1. Bra dan Baju menyusui.
    Mengenakan Bra dan baju menyusui yang khusus didesain untuk memudahkan Ibu Menyusui. Ketika menyusui tidak perlu terlihat semua bagian payudara.Kita hanya perlu membuka dibagian putingnya saja. Dengan bukaan yang mudah dan tersembunyi akan sangat praktis saat bunda akan menyusui di tempat keramaian.
  2. Breast Pad
    Breast Pad adalah bahan khusus penyerap cairan yang diletakkan diantara bra dan payudara. Lengkapi juga dengan breast pad agar rembesan ASI tidak membasahi bra / baju anda. Sehingga saat bepergian tidak perlu sering ganti baju atau bra akibat basah.
  3. Menggunakan ASI tampungan saat bepergian.
    Sebagian Ibu memerah ASI sesaat sebelum pergi dan memasukkan dalam termos atau tas khusus saat bepergian . Pada saat di keramaian ASI Tampungan dalam botol itulah yang diberikan pada bayi. Sehingga proses menyusui langsung tidak lakukan tetapi ASI tetap dapat diperoleh bayi.
  4. Carilah Ruang Khusus Menyusui
    Saat ini dibeberapa tempat umum seperti Mall sudah menyediakan  ruang khusus menyusui. Ada juga yang hanya menyediakan ruang ganti bayi . Bahkan yang komplet menyediakan keduanya. Tetapi jangan terlalu berharap banyak adanya ruangan khusus ini. Jangan menyusui di kamar mandi karena tidak higenis dan tidak nyaman.
  5. Kain Penutup
    Untuk menjaga privasi saat menyusui tidak ada salahnya bila ibu membawa kain penutup.Saya biasanya menggunakan selendang bayi tradisional yang selalu saya bawa saat bepergian. Dengan selendang bayi tradisional banyak fungsi yang bisa digunakan. Bisa juga menggunakan Nursing cover dan Nursing Poncho. Ini adalah atribut modern untuk menutup area payudara yang mulai banyak dijual di supermarket bayi ataupun secara online.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar