Selasa, 16 April 2013

Pemicu 3 Penyakit Kronis pada Anak


           Berikut ini penuturan beberapa dokter mengenai pemicu tiga penyakit kronis: diabetes, jantung, dan kanker pada anak.

Dr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Metabolik Endokrinologi Universitas Indonesia, dalam sebuah seminar media yang diadakan Mei 2012 di Jakarta mengatakan, banyak anak terkena Diabetes Melitus (DM) tipe 2 karena buruknya gaya hidup. “Siapapun yang tidak memiliki pola hidup sehat bisa terserang penyakit diabetes, termasuk anak-anak,” katanya.

Selain DM, dr. Nita mengakui, kini muncul kasus dimana ada pasien anak yang mengidap penyakit jantung non-kongenital. “Biasanya, diawali dengan kondisi  hiperkolesterolemia–misalnya karena pola makan yang buruk atau banyak makan makanan berlemak--yang mengakibatkan obesitas,”  katanya mencontohkan. 

Dr. Susi Susanah, Sp.A(K), dokter spesialis anak dari Divisi Hemato Onkologi Anak, Departemen/SMF Ilmu Kesehatan, RSHS/FK Universitas Padjajaran, menambahkan, faktor-faktor risiko, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan berpengawet, bisa meningkatkan risiko kanker, termasuk pada anak. “Asupan makanan tidak sehat bisa merusak keseimbangan tubuh, sehingga memicu tumbuhnya kanker,” kata dr. Susi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar