Selasa, 16 April 2013

Kapan Bayi Berhenti Menyusui?

Terkait menyusui, keputusan terbesar adalah apakah Anda sudah siap untuk benar-benar berhenti memberikan ASI?
Waktu terbaik menyapih
Berusahalah memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, seperti rekomendasi American Academy of Pediatrics dan lanjutkan pemberian ASI hingga minimal satu tahun pertama usia anak.
Cara menyapih
Pertama pastikan anak Anda sudah fasih minum menggunakan dot atau gelas isap yang berisi ASI perah, susu formula, atau kombinasi keduanya sebelum Anda mulai menyapih. Ingat bahwa bayi belum bisa diberi susu sapi murni sebelum dia berusia 1 tahun.
Demi menghindari pembengkakan payudara dan melancarkan transisi bagi Anda dan si kecil, selingi satu kali pemberian ASI langsung dengan pemberian susu melalui botol atau gelas setiap empat sampai tujuh hari. Beri peran kunci kepada suami Anda. Kebanykan bayi dan batita dengan senang hati minum dari botol atau gelas jika ditemani oleh ayah. Ketika Anda sudah siap meninggalkan rutinitas menyusui sebelum anak tidur, tanamkan kebiasaan baru seperti membersihkan badan atau membacakan cerita untuk anak. Lama-kelamaan kebiasaan baru itu menjadi aktivitas terakhir yang dilakukan sebelum menutup hari. Dia akan meninggalkan kebiasaan menyusu sebelum tidur.
Penyapihan yang salah

Apakah si kecil tidak mau menyusui lagi dan lebih senang bermain antara usia 6-12 bulan? Kurang waktu menyusuai dan lebih tertarik bermain tidak terlalu berarti jika Anak Anda sudah siap untuk disapih. Jika si kecil tampak menyapih diri sebelum usianya 12 bulan, bisa jadi hari ini ia tidak tertarik menyusui, tapi esok hari ini bisa berbeda.

Siap atau tidak anak Anda harus berhenti menyusui. Fokus pada pertumbuhan positif bayi Anda bisa membantu menerima keputusan tersebut. Sebab, sebagian ibu merasa berat saat harus melepaskan ikatan lewat ASI dengan buah hatinya. Bagaimanapun mekanisme alam memiliki cara sendri untuk membiarkan anak Anda tahu bahwa ia sudah waktunya berhenti menyusui.

Jika Anda mengenali tanda-tanda penyapihan diri, tapi mengalami kesulitan melepaskan ikatan carilah dukungan emosional dari forum ibu ASI yang telah atau sedang melewati fase yang sama dengan Anda. Percayalah, Anda telah memberi bekal bermanfaat seumur hidup bagi si buah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar