Selasa, 16 April 2013

Menyusui Saat Hamil Aman, Asalkan...

Meskipun banyak ibu di seluruh dunia yang tetap menyusui anaknya saat sedang hamil, pro dan kontra masih menyelimuti fenomena ini. Apakah nursing while pregnant aman bagi ibu dan bayi yang dikandung?
Menyusui ketika hamil aman, asalkan...
Apakah menyusui akan memengaruhi nutrisi untuk janin? Itulah pertanyaan yang dilontarkan hampir semua ibu saat terpikir untuk menjalankan nursing while pregnant. Hillay flowers dalam bukunya Adventures in Tandem Nursing menjelaskan bahwa hal itu akan memengaruhi nutrisi untuk si janin jika sang ibu kekurangan gizi. Sedangkan ibu yang nutrisinya sudah tercukupi dengan baik dapat terus menyusui. “Ibu yang menyusui tentu mengeluarkan banyak energi, sedangan ibu hamil juga membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan janin. Jadi selama nutrisi dan energi yang masuk dan keluar seimbang, maka menyusui saat hamil tidak menjadi masalah. Karena itu, sangatlah penting bagi ibu menyusui yang sedang hamil untuk benar-benar menjaga dan mengontrol keseimbangan energi dan nutrisi untuk kebutuhan bayi dan janin. Dan selalu melakukan pemeriksaan rutin dengan DSOG untuk melihat perkembangan si janin.
Tidak ada laporan kesehatan yang mengatakan bahwa menyusui saat hamil berbahaya, tapi tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda mengalami gangguan seperti kekurangan berat badan, pendarahan ataupun tanda-tanda kelahiran prematur, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk segera mengambil keputusan apakah tetap menyusui, atau melakukan penyapihan.

Sumber : http://parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=pregnancy&id=831

Tidak ada komentar:

Posting Komentar