Selasa, 16 April 2013

Mitos Tidur Bayi

Orangtua harus mendapatkan informasi yang akurat seputar tidur anak. Teman atau orangtua bukanlah sumber yang dapat dipercaya. Dr. Adesman, Kepala Divisi Perkembangan dan Perilaku Anak di Rumah Sakit Schneider Children di New York akan membantu Anda mengungkapkan mitos serta fakta seputar perilaku tidur anak.

Posisi Tidur Bayi
Mitos: Tidak apa-apa menidurkan bayi dalam posisi miring atau tengkurap.

Realitas: Untuk mengurangi risiko kematian bayi mendadak, bayi harus selalu ditidurkan terlentang bukan tengkurap atau miring.

Penjelasan: Ada kebingungan ketika pemerintah Amerika Serikat pertama kali mengeluarkan rekomendasi “back to sleep” yang menyatakan bayi aman tidur dengan posisi miring. Namun beberapa tahun kemudian rekomendasi itu diubah dengan menyatakan bahwa bayi harus tidur dengan posisi terlentang. Sayangnya, sampai saat ini banyak dokter anak kurang memberikan informasi yang tepat seputar posisi tidur bayi yang aman.

Mengontrol Tidur

Mitos: Anda dapat mengontrol kapan dan berapa lama bayi Anda tidur.

Fakta: Bayi yang baru lahir tertidur ketika mereka siap tidur dan bangun ketika mereka lapar, basah, marah atau beberapa isyarat normal lainnya.

Penjelasan: Kata kuncinya di sini adalah 'bayi baru lahir.' Banyak orangtua akan mencoba untuk membuat jadwal tidur bayi. Ketika bayi masih sangat muda, orangtua harus benar-benar perlu merespons semua isyarat bayi.

Realitas Bedong

Mitos: Bedong merupakan metode lama untuk membuat nyaman bayi yang rewel.

Fakta: Bedong, bila dilakukan dengan benar, bisa menjadi teknik yang efektif untuk menenangkan bayi.

Penjelasan: bedong adalah teknik yang sangat berguna untuk menenangkan bayi. Beberapa orangtua khawatir jika dibedong bayi mereka akan kepanasan. Tapi jika si kecil berpakaian dengan benar tidak akan ada masalah. Posisi membedong bayi adalah hal yang paling penting. Mintalah dokter anak atau seseorang yang berpengalaman untuk menunjukkan Anda teknik bedong yang tepat.

Tidur sebentar = Tidur Bayi Nyenyak

Mitos: Tidur siang di kursi mobil atau kereta dorong tidak masuk hitungan.

Fakta: Tidur dimanapun bayi pasti tertidur nyenyak.

Penjelasan: Anak-anak cukup fleksibel ketika dia menemukan tempat untuk tidur yang nyaman. Jika bayi tertidur di tempat lain selain tempat tidurnya, Anda tidak perlu memindahkannya. Perlu diingat mendekorasi tempat tidur bayi dengan  boks, mobil-mobilan, dan dekorasi lainnya dapat menimbulkan risiko keamanan bayi. Biarkan bayi tidur di tempat yang luas tanpa ada mainan di sekelilingnya.

Memberikan Sereal Sebelum Tidur

Mitos: Memberikan sereal sebelum tidur bisa membuat bayi tidur sepanjang malam.

Fakta: Tidak ada bukti bahwa metode ini memiliki dampak pada tidur bayi.
Penjelasan Dr. Adesman: " kenyataannya memberikan sereal bisa menyebabkan masalah. Memerkenalkan sereal beras terlalu dini sangat tidak aman bagi bayi. Bayi tidak mampu mencerna sereal beras sebelum usianya 4 bulan Orangtua sering terburu-buru mengakali proses alami tubuh bayi.

Sumber : http://www.parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=babies&id=757

Tidak ada komentar:

Posting Komentar