Selasa, 16 April 2013

Merangsang Pertumbuhan Gigi Anak

       Saat Bayi memasuki usia 4 sampai 6 bulan giginya mulai tumbuh. Pada kondisi ini bayi merasa tidak nyaman karena gigi susu medesak jaringan gusi. Efeknya bayi akan membuat dirinya nyaman dengan memasukan jari tangannya ke mulut dan mengigitnya. Tanda lain saat gigi bayi sedang tumbuh di antaranya bayi jadi sulit tidur dan ngeces berlebihan.
Untuk menghindari jari bayi terluka atau ngeces berlebih Anda bisa gunakan teether. Alat ini umumnya terbuat dari karet atau lateks. Fungsi utamanya sebagai media perangsang pertumbuhan gigi bayi. fungsi lainnya adalah mainan karena bentuknya yang melengkung, dapat digenggam, dan berwarna tergolong aman dan disukai si kecil. teether juga bisa berguna dalam merangsang keterampilan motorik halus karena dapat melatih kemampuan bayi menjumput, mengenggam dan menggoyang-goyang.
Supaya aman menggunakan teether dan  bayi tidak terjangkit penyakit berikut ini tip yang bisa Anda ikuti.

1 Pilihlah teether dari produsen ternama dan sudah BPA Free. Hindari teether yang terbuat dari bahan plastik atau vinil. Pilih juga teether yang berisi gel karena terasa lebih dingin daripada teether yang berisi air.

2 Pilihlah yang sesuai dengan bentuk mulut bayi. Bagi bayi berusia 4 bulan yang bentuk mulutnya masih mungil, pilihkan teether berukuran kecil.

3 Sesuaikan dengan tahapan pertumbuhan gigi bayi. Sebelum membeli cermati petunjuk pada kemasan.

4 Sebelum atau setelah digunakan cuci teether dengan air panas atau cairan pembersih khsusu dan simpan di tempat yang higienis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar