Selasa, 16 April 2013

Membentuk Kebiasaan Tidur Sehat

     Bayi akan membentuk pola tidurnya sendiri sesuai dengan usianya. Namun tidak ada salahnya Anda membentuk kebiasaan tidur si kecil. Berikut ini cara membangun kebiasaan tidur si kecil yang sehat.

Membangun kebiasaan tidur sehat sejak dini. Pada usia 4 bulan, sebagian besar waktu tidur bayi Anda ada di malam hari (tiga kali tidur siang), dan akan mulai membentuk siklus tidur siang-malam. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan rutinitas tidur, kata Jyoti Krishna, MD, pakar tidur anak di Klinik Gangguan Tidur di Cleveland, Amerika Serikat. "Bayi dan anak-anak membutuhkan konsistensi, jadi ciptakan semacam jadwal dengan waktu tidur siang teratur dan mengatur jadwal waktu tidur malam," kata Krishna. " Penting juga menempatkan bayi di tempat tidur ketika dia mengantuk. Bayi perlu belajar untuk menenangkan diri untuk tidur sehingga mereka tidak selalu bergantung pada Anda untuk melakukannya."

Mempersiapkan tidur. Anda bisa memulai aktivitas menidurkan ketika sinyal tidur anak sudah mendekat, Krishna mengatakan, banyak orangtua bergantung pada tiga hal yaitu: mandi, buku, dan botol. Beberapa orangtua mengetahui bahwa bayi mereka akan tidur setelah dipijat ringan atau ketika musik yang lembut diputar. Melalui trial and error, Anda akan tahu aktivitas apa saja yang akan berhasil membuat anak Anda tidur pulas.

Ciptakan lingkungan menenangkan. Seperti kebanyakan orang dewasa, anak-anak juga  membutuhkan ruang yang tenang untuk tidur. Pastikan bahwa bayi Anda memiliki kasur empuk di tempat tidurnya dan suhu ruangan yang sejuk dan nyaman. "Kamar anak tidak harus gelap di malam hari," kata Shari Mezrah, pakar tidur dan penulis buku The Baby Sleeps Tonight.

Perut kenyang = tidur nyenyak. Ketika bayi Anda sudah kenyang, dia akan tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Ketika Anda mencoba untuk menidurkan bayi, sebaiknya susui atau memberinya sebotol susu sebelum Anda menaruhnya di kasur.

Batasi gangguan. Beberapa bayi dan sebagian besar batita mengalami kesulitan untuk tidur, jadi mulailah berada di tempat tidur 30 menit sebelum waktu tidurnya. Ini berarti Anda harus mematikan TV dan membatasi segala jenis aktivitas fisik dan fokus pada kegiatan lebih santai, seperti membaca atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Konsisten. Sederhananya: Jika Anda terus-menerus mengubah jadwal tidur anak, Anda akan kesulitan menidurkan dia pada siang dan malam hari. Selain acara-acara khusus (liburan dan ulang tahun), pastikan anak Anda tetap pada jadwal tidurnya dan Anda tetap dengan rutinitas harian . Menciptakan kebiasaan tidur yang sehat akan membantu Anda dan anak mendapatkan manfaat dalam jangka panjang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar