Minggu, 21 April 2013

Masalah Yang Muncul Selama Kehamilan


Selama kehamilan seorang wanita banyak mengalami perubahan terutama menyangkut hormon. Akan tetapi tidak semua wanita hamil mengalami keluhan yang sama. Masalah ringan yang sering dijumpai saat wanita hamil;

1. Sakit pinggang
Kemungkinan sakit pingang lebih terasa saat usia kehamilan semakin besar, di mana berat badan bayi akan menekan otot perut dan otot punggung. Keluhan ini lebih sering pada wanita dengan otot perut dan otot punggung yang lemah, sering membungkuk, atau wanita yang sering menggunakan sepatu bertumit tinggi.

2. Sulit buang air besar
Bagi wanita yang kurang aktif/gerak akan lebih banyak mengalami hal ini, disebabkan bayi menekan usus besar bagian bawah. Terlebih kurang minum air atau kurang mengkonsumsi makanan berserat. Adanya wasir juga bisa menjadi penyebab sulitnya buang air besar.

3. Kram / kejang otot
Kram adalah suatu keadaan di mana terjadi kejang otot mendadak. Terutama pada otot betis yang akan hilang setelah beberapa saat. Kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya asupan vitamin dan mineral.

4. Nyeri di ulu hati
Rasa seperti terbakar pada dada bagian bawah atau perut bagian atas, hal ini disebabkan adanya aliran balik asam lambung ke kerongkongan. Dengan bertambahnya usia kehamilan, bayi akan mendesak lambung sehingga sering kali menyebabkan aliran balik asam lambung. Perasaan ini muncul jika anda membungku terlalu cepat setalah makan atau pada waktu bersendawa.

5. Mual dan muntah
Kurang lebih 1/3 dari wanita hamil tidak mengalami hal ini. Hanya beberapa wanita mengalami muntahmuntah yang berat, namun biasanya tidak lebih dari 3bulan kehamilannya. Pada beberapa wanita kadang-kadang mengalami muntah yang hebat sampai memerlukan perawaran dirumah sakit.

6. Wasir
Wasir atau hemeroid yaitu pembesaran vena (pembuluh balik) dalam rectum (usus besar) dan disekitar dubur (anus). Wasir kadang berdarah dan menimbulkan rasa sakit pada waktu buang air besar.

7. Sesak napas
Pada kehamilan lanjut, dapat terjadi sesak napas ringan karena bayi menekan paru-paru si ibu. Hal ini bisa diatasi dengan mengerjakan sesuatu secara perlahan-lahan dan berbaring dengan bantal yang agak tinggi. Sesak napas ini akan hilang pada beberapa minggu menjelang kelahiran di mana kepala bayi mulai masuk ke dalam rongga panggul.
8. Bengkak dikaki
Adanya sedikit pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki yang disebabkan oleh adanya penimbunan air pada wanita hamil adalah hal biasa. Keadaan ini akan hilang bila anda beristrahat 1 – 2hari dengan kaki ditinggikan. Konsultasikan dengan dokter jika bengkak semakin berat atau menetap, karena dikhawatirka adanya gangguan yang serius.

9. Infeks saluran kencing
Infeksi kandung kemih seringkali dialami wanita hamil. Salah satu penyebabnya adalah kebersihan yang tidak terjaga. Temui dokter anda bila timbul keluhan sering kencing atau urin keruh atau bercampur darah.
Infeksi kandung kemih yang tidak diobati secara benar dapat menyebabkan nfeksi pada ginjal dengan gejala-gejala demam, menggigil, sakit pinggan (didaerah ginjal), sering kencing disertai rasa sakit.

10. Keputihan
Dengan adanya perubahan hormonal pada kehamilan, jamur yang biasa terdapat pada sekitar kelamin akan berkembang biak lebih cepat dari biasanya. Hal ini akan menyebakan infeksi diliang senggama sehingga akan menghasilkan cairan putih, gatal dan perasaan panas disekitar vagina.

11. Varises
Merupakan pembesarn dari pembuluh darah balik biasanya di kaki, tetapi bisa juga terjadi di vagina atau di anus. Keadaan ini disebabkan oleh bertambahnya tekanan pembuluh darah balik pada daerah tubuh bagian bawah akibat tekanan dari janin.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/2264794-masalah-masalah-ringan-selama-kehamilan/#ixzz1q36Fb3ec

Tidak ada komentar:

Posting Komentar